0

PROPOSAL "Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar "



BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.  
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.
Penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana mahasiswa prodi Pendididkan Administrasi Perkantoran  telah memanfaatkan teknologi internet sebagai sumber belajar yang mendukung proses belajarnya di bangku kuliah.

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan, pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai sumber belajar.
C. Perumusan Masalah
1.     Untuk memperjelas Pendidikan Administrasi Perkantoran telah  memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
2.    Alasan apa yang memotivasi mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
3.    Faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran untuk memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?

D. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1.    Jumlah mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
2.    Alasan yang memotivasi mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
3.    Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
E. Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat berguna :
1.    Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya.
2.    Bagi program studi, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
3.    Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.













BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
A.Landasan Teori
Proses Belajar adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Makadidalam belajar terdapat informasi informasi (pengetahuan) yang harus diberikan kepada peserta didik. Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber sumber informasi. Salahsatu sumber informasi adalah intrernet. Internet adalah pusat informasi yang multi bidang.Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun negative dapat diakses dandiperoleh dari internet. Oleh karena itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filterkeimananan serta moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh.Beberapa manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran adalah,
Pertama :
Pengembangan Profesional: (a) meningkatkan pengetahuan; (b) berbagi sumber informasidiantara rekan sejawat/ sedepartemen; (c) Berkomunikasi keseluruh belahan dunia; (d)kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secara langsung; (e) mengatur komunikasisecara teratur; dan (f) berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupuninternasional.
Kedua :
Sumber Belajar/Pusat Informasi: (a) informesi media dan metodologipembelajaran; (b) bahan baku & bahan ajar untuk segala bidang pelajaran; (c) akses informasiIPTEK; dan (d) bahan pustaka/referensi.
Ketiga :
Belajar sendiri secara cepat: (a) meningkatkanpengetahuan; (b) belajar berinteraktif; dan (c) mengembangkan kemampuan di bidangpenelitian.
Keempat :
Menambah wawasan, pergaulan, pengetahuan, pengembangan karier:(a) meningkatkan komunikasi dengan seluruh masyarakat lain; (b) meningkatkan kepekaan akanpermasalahan yang ada diseluruh dunia; (c) informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, pelatihan;dan (d) hiburan dan sebagainya.

B. Hipotesis
Hipotesis adalah pendapat atau kesimpulan sementara, dengan kata lain suatu pendapat yang kita gunakan untuk menangkap kenyataan kebenaran dari suatu hal yang belum terbukti kebenarannya atau merupakan penjelasan percobaan ke arah perjalanan penjelasan yang pasti, tetapi ada alasannya yang merupakan suatu keismpulan yang agak pasti.





BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian akan dilakukan pada tanggal 20 Januari 2014 di UNY
B. Metode Penelitian
Penelitian dengan pendekatan kualitatif lebih menekankan analisisnya pada proses
penyimpulan   deduktif   dan   induktif   serta   analisis   terhadap   dinamika   hubungan   antarfenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Hal ini bukan berarti bahwapendekatan   kualitatif   sama   sekali   tidak   menggunakan   dukungan   data   kuantitatif   akantetapi   penekananya   tidak   pada   pengujian   hipotesis   melainkan   pada   usaha   menjawabpertanyaan   penelitian   melalui   caracara   berfikir  formal   dan   dan   argumentatif.   Banyak penelitian kualitatif yang merupakan penelitian sample kecil.
 
C. Instrumen Penelitian
Instrumen yang akan dipakai untuk penelitian ini adalah internet dan mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran akan menjadi subjeknya.
D. Teknik Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dengan tabulasi dan persentase






DAFTAR PUSTAKA




-           

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top