0

PENGERTIAN METODE ILMIAH, TUJUAN, DAN SIKAP ILMIAH



Definisi Metode Ilmiah
Ketika suatu permasalahan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah ataupun secara cepat, maka permasalahan tersebut memerlukan alternatif untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Permasalahan yang tidak dapat diselesaikan atau belum ada cara penyelesaian inilah yang memerlukan penelitian untuk dapat menghasilkan suatu jawaban yang akan digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah. Untuk melakukan suatu penelitian , biasanya memerlukan metode ilmiah. Untuk lebih jelasnya mengenai metode ilmiah, berikut beberapa definisi tentang metode ilmiah :
1.    Menurut (Almack, 1939) Metode ilmiah adalah cara menerapkan prinsip-prinsip logis terhadap penemuan, pengesahan dan penjelasan kebenaran.
2.    Menurut (Ostle, 1975) berpendapat bahwa metode ilmiah adalah pengejaran terhadap sesuatu untuk memperoleh sesuatu interelasi.
Menurut kamus besar bahasa indonesia :
Metode ilmiah adalah pendekatan atau cara yang dipakai di penelitian suatu ilmu.
Dari beberapa definisi di atas, saya mengambil kesimpulan mengenai definisi dari metode ilmiah. Metode ilmiah adalah cara yang dilakukan peneliti dalam melakukan penelitian dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dalam menentukan hasil penelitian agar memperoleh suatu hubungan (relasi) antara permasalahan dengan hasil penelitian yang didapat. Jika seorang peneliti ingin melakukan penelitian tanpa menggunakan metode ilmiah, maka hasil penelitian akan terasa janggal. Karena penelitian haruslah berupa fakta dan keadaan yang sebenarnya. Untuk itu sangat diperlukan metode ilmiah didalam melakukan penelitian.

Tujuan  Metode Ilmiah
Metode ilmiah memiliki beberapa tujuan,yaitu antara lain :
1)    Untuk meningkatkan keterampilan, baik dalam menulis, menyusun, mengambil kesimpulan maupun dalam menerapkan prinsip-prinsip yang ada.
2)    Untuk mengorganisasikan fakta.
3)    Merupakan suatu pengejaran terhadap kebenaran yang diatur oleh pertimbangan-pertimbangan logis.
4)    Untuk mencari ilmu pengetahuan yang dimulai dari penentuan masalah, pengumpulan data yang relevan, analisis data dan interpretasi temuan, diakhiri dengan penarikan kesimpulan.
5)    Mendapatkan pengetahuan ilmiah (yang rasional, yang teruji) sehingga merupakan pengetahuan yang dapat diandalkan.

Sikap Ilmiah
Didalam melakukan suatu penelitian, terdapat juga sikap ilmiah. Berikut definisi sikap ilmiah.
Sikap ilmiah ialah suatu sikap yang meliputi :
1)    Rasa ingin tahu: Selalu terdorong untuk lebih banyak ingin mengetahui. Caranya dengan membaca buku, bertanya kepada orang yang lebih tahu, mengadakan pengamatan, dan melakukan percobaan sendiri.
2)    Kejujuran: Mencatat sesuai dengan hasil pengamatan, meskipun tidak sesuai dengan yang diharapkan.
3)    Ketekunan: Tidak mudah putus asa jika hasil percobaan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tidak segan-segan mengulangi percobaan.
4)    Ketelitian: Tidak ceroboh, baik dalarn merencanakan, menggunakan alat maupun bahan, mengukur, mencatat data, mengolah data, dan dalam menarik kesimpulan.
5)    Obyektivitas: Pendapat dan kesimpulan yang diarnbil harus berdasarkan fakta yang ada, bukan berdasarkan pendapat pribadi atau orang lain.
6)    Keterbukaan: Mau bekerja sarna dengan orang lain, mau menerima kritikan atau saran dari orang lain yang bersifat membangun, dan mau memberikan pengalarnannya kepada orang lain.

Sumber : http://ruth-apriyana.blogspot.com/2014/03/metode-ilmiah-dan-sikap-ilmiah_13.html

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top